Kamis, 06 Januari 2011

PROPOSAL JARINGAN KOMPUTER PADA WARNET Y-INTERNET


Pendahuluan
Dengan semakin dekatnya era globalisasi/perdagangan bebas,dimana jarak tidak merupakan hambatan,komunikasi akan bisa dilakukan kapan saja,dimana saja,maka perlu suatu alat yang dapat mendukung ke arah itu,salah satunya dengan internet.Internet merupakan sarana untuk dapat mengembangkan komunikasi dan transaksi dengan dunia luar,baik dengan dunia bisnis maupun mitra kerja.
Disamping itu internet juga merupakan salah satu sarana praktek untuk memperkenalkan publik dengan dunia teknologi maju dan sebagai media untuk pengajaran.Internet bukan hanya membuka wawasan regional tetapi sudah go internasional dengan pulsa lokal,biarpun berkomuniksai dengan luar negeri.
Disamping sebagai alat media bisa juga untuk surat menyurat(email),berbicara dengan orang lain(teleconference),dan saling tukar pikiran (chatting),maka sekarang ini sudah harus ada fasilitas tersebut yang biasa disebut dengan warnet.
Seiring dengan perkembangan internet sekarang ini, maka banyak pula orang menjalankan bisnis di bidang ini. Rental komputer dan warnet merupakan bisnis yang sedang trend pada saat ini. Untuk menjalankan bisnis ini tidak sedikit modal yang dikeluarkan, modal yang diperlukan salah satunya ialah perangkat lunak atau lebih dikenal dengan sebutan software. Software tersebut juga harus memenuhi berbagai kriteria seperti data yang aman, dan perhitungan transaksi secara benar.














LATAR BELAKANG
Y Internet adalah suatu usaha yang bergerak pada jasa layanan internet. Selain internet Y internet juga menyediakan game online.Warnet ini berada pada tempat yang sangat strategis di antara jalur Solo-Semarang.
Yaitu terletak di Ruko Ungaran Square No.14,Ungaran Barat.Y internet ini didirikan di kota Ungaran pada tahun 2006,pemiliknya yaitu Pak Tatang Halang.Y internet selain di Ungaran juga berada di kota Semarang yaitu di Hassanudin,Jalan Dr.Cipto,Beteng (Kota Lama),dan di Jalan Sriwijaya.
Dengan tujuan untuk membangun masyarakat Internet Indonesia,Y internet akan melanjutkan untuk menyediakan layanan bagi pelanggannya dengan berbagai fasilitas dan Solusi Internet yang inovatif, dengan teknologi yang unggul dan didukung dengan para team yang berpengalaman di bidangnya yang akan membantu perusahaan untuk menjamin Kecepatan akses Internet yang tinggi dan hemat biaya, serta memenuhi permintaan yang terus berkembang.

Total komputer pada warnet ini ada 39 komputer,yaitu 22 komputer untuk internet dan 17 komputer untuk game online.
Tarif perjamna yaitu Rp 5500 untuk internet,dan Rp 3000 per jam untuk game online.















Dasar Teori

Seringkali kita mendengar kata internet, sekilas mungkin kita akan berpikir bahwa
yang namanya internet merupakan sebuah jaringan yang sangat besar dan terdiri dari
banyak kompuer. Atau bahkan bagi orang yang awam internet sering diartikan
sebagai browsing, chatting, dan lain-lain.
Pengertian ini merupakan sebuah pandangan yang kurang benar. Karena sebenarnya
internet adalah kumpulan dari jaringan-jaringan kecil dan besar yang saling terhubung
secara real-time atau terus menerus di seluruh dunia.
Dalam suatu sistem jaringan, dimana seluruh komputer saling berbagi data dan
resources satu sama lain sehingga tercapai efisiensi dalam pemanfaatan teknologi,
amat dibutuhkan perangkat-perangkat khusus dan instalasi tertentu.


            3.1       Jaringan Komputer
adalah kumpulan dari sejumlah perangkat berupa komputer, hub, switch, router, atau perangkat jaringan lainnya yang terhubung dengan menggunakan media komunikasi tertentu (Wagito, 2005). Perangkat yang terhubung dengan jaringan disebut juga sebagai node. Hal ini memungkinkan pengguna dapat bertukar dokumen dan data, mencetak pada printer yang sama, dan menggunakan sumber daya jaringan (hardware dan software) ada.
2 buah komputer dikatakan saling berhubungan bila keduanya dapat saling bertukar informasi,dengan media perantara yang varian (kawat,serat optik,gelombang mikro,satelit,dsb.). Informasi dan data bergerak melalui media komunikasi. Media komunikasi yang dipakai dalam membuat jaringan komputer antara lain adalah kabel, jaringan telepon, gelombang radio, satelit, bluetooth atau infra merah. Pemakaian media komunikasi ini akan tergantung pada kegunaan dan ukuran jaringan.
Tujuan dari jaringan komputer adalah:
- Membagi fungsi sumber daya seperti berbagi pemakaian printer, CPU, RAM, harddisk
- Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
- Akses informasi: contohnya web browsing

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
Berdasarkan kriterianya, jaringan komputer dibedakan menjadi 4 yaitu:
  1. Berdasarkan distribusi sumber informasi/data
    • Jaringan terpusat
Jaringan ini terdiri dari komputer klient dan server yang mana komputer klient yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari satu komputer server
    • Jaringan terdistribusi
Merupakan perpaduan beberapa jaringan terpusat sehingga terdapat beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klient membentuk sistem jaringan tertentu.
  1. Berdasarkan media transmisi data
    • Jaringan Berkabel (Wired Network)
Pada jaringan ini, untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain diperlukan penghubung berupa kabel jaringan. Kabel jaringan berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.
    • Jaringan Nirkabel(WI-FI)
Merupakan jaringan dengan medium berupa gelombang elektromagnetik. Pada jaringan ini tidak diperlukan kabel untuk menghubungkan antar komputer karena menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirimkan sinyal informasi antar komputer jaringan.

3.      Adapun klasifikasi jaringan komputer berdasarkan skala antara lain :
·         Local Area Network
Jaringan wilayah lokal (bahasa Inggris: local area network biasa disingkat LAN) adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil; seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini, kebanyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet, saat ini teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi biasa disebut hotspot.
Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
  1. Mempunyai pesat data yang lebih tinggi
  2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
  3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.
·         Metropolitan Area Network (MAN)
Merupakan jaringan yang mencakup satu kota besar beserta daerah setempat. Contohnya jaringan telepon lokal, sistem telepon seluler, serta jaringan relay beberapa ISP internet.

·         Wide Area Network (WAN)
Adalah jaringan sejati (true Networks),yang mencakup daerah geografis yang luas,dapat mencapai negara,benua.WAN terdiri dari kumpulan mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program pemakai.
WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal  yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
Sebagai contoh aplikasi WAN adalah komputer yang mengakses komputer ditempat yang lain untuk mengakses informasi. Cara menghubungkan komputer dalam jarak jauh ini biasanya menggunakan modem dial up, sirkuit frame relay, sirkuit ATM, sirkuit ISDN, atau lease line 56 K. Frame relay menjadi protokol aplikasi WAN yang paling ekonomis untuk transfer data dengan jarak jauh.

- Global Area Network (GAN)
 GAN merupakan jaringan komputer yang cakupannya lebih luas. Jaringan ini merupakan komputer-komputer yang ada di negara-negara diseluruh dunia. Pada saat  ini jaringan yang termasuk GAN adalah internet. Dimana internet dapat menghubungkan komputer-komputer yang ada diseluruh dunia. Global Area Network (GAN) atau internet dapat juga berupa kumpulan jaringan yang terinterkoneksi  dengan cakupan meliputi dunia.
Broadband Global Area Network disingkat BGAN merupakan varian dari sistem untuk mengakses jaringan internet dunia. BGAN dibuat oleh satu perusahaan Inggris yang mengoperasikan satelit Inmarsat. Inmarsat adalah operator satelit dunia yang sudah beroperasi sejak tahun 1979, yang pada awalnya merupakan satelit komunikasi yang membantu komunitas pemilik kapal laut dengan meluncurkan tiga jenis satelit dari tahun 1990. Dimulai dengan satelit yang memiliki kapasitas 20 MHz sampai I-4 berkapasitas 126 MHz. Inovasi dari Inmarsat ini betul-betul mengubah paradigma jaringan internet. Sebab, di mana saja di seluruh dunia, kita dapat masuk ke internet dengan kecepatan tinggi dengan hanya membawa perangkat sebesar kamus (A4 atau A5) dan langsung disambung ke notebook atau pesawat telepon. Kendalanya adalah biaya masih relatif mahal. Itu karena untuk meluncurkan satelit, sekaligus merawatnya, dibutuhkan biaya yang besar. Inovasi dari Inmarsat memberikan satu peluang bisnis baru. Sebab, dengan memiliki peranti yang mudah dibawa-bawa dan memerlukan daya yang relatif kecil, kita dapat membuat satu jaringan intranet atau jaringan internal dengan lebih fleksibel.
4.      Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagai client dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:
•Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
•Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.

           

3.2       Internet
                        Adalah suatu jaringan global yang menghubungkan berjuta-juta komputer.Ada ratusan negara-negara yang dihubungkan ke dalam pertukaran dari data,berita,dan pendapat.Tidak sama dengan jasa online pada umumnya,yang mana diatur secara terpusat.Internet di-desentralisasi berdasarkan desainnya. internet (kependekan dari interconnected-networking) ialah rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Manakala Internet (huruf 'I' besar) ialah sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol). Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan internetworking.
3.3       Topologi jaringan
adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station Topologi dibagi menjadi dua jenis yaitu Physical Topology dan Logical Topologi. Dibawah ini adalah jenis-jenis Physical Topologi :
merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna. Topologi jaringan bintang termasuk topologi jaringan dengan biaya menengah.
Kelebihan
v  Kerusakan pada satu saluran hanya akan mempengaruhi jaringan pada saluran tersebut dan station yang terpaut.
v  Tingkat keamanan termasuk tinggi.
v  Tahan terhadap lalu lintas jaringan yang sibuk.
v  Penambahan dan pengurangan station dapat dilakukan dengan mudah.
Kekurangan
v  Jika node tengah mengalami kerusakan, maka seluruh jaringan akan terhenti.
topologi jaringan berbentuk rangkaian titik yang masing-masing terhubung ke dua titik lainnya, sedemikian sehingga membentuk jalur melingkar membentuk cincin. Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.

Kelebihan
v  Hemat kabel
v  Tidak akan terjadi tabrakan pengiriman data (collision), karena pada satu waktu hanya satu node yang dapat mengirimkan data
Kekurangan
v  Peka kesalahan, sehingga jika terdapat gangguan di suatu node mengakibatkan terganggunya seluruh jaringan.
v  Pengembangan jaringan lebih kaku
v  Sulit mendeteksi kerusakan
v  Dapat terjadi collision[dua paket data tercampur]
v  Diperlukan penanganan dan pengelolaan khusus
merupakan topologi yang banyak digunakan di awal penggunaan jaringan komputer karena topologi yang paling sederhana dibandingkan dengan topologi lainnya. Jika komputer dihubungkan antara satu dengan lainnya dengan membentuk seperti barisan melalui satu single kabel maka sudah bisa disebut menggunakan topologi bus.

Keunggulan topologi Bus
pengembangan jaringan atau penambahan workstation baru dapat dilakukan dengan mudah tanpa mengganggu workstation lain.
Kelemahan topologi bus
 bila terdapat gangguan di sepanjang kabel pusat maka keseluruhan jaringan akan mengalami gangguan.
suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).
Kelebihan
v  Hubungan dedicated links menjamin data langsung dikirimkan ke komputer tujuan tanpa harus melalui komputer lainnya sehingga dapat lebih cepat karena satu link digunakan khusus untuk berkomunikasi dengan komputer yang dituju saja (tidak digunakan secara beramai-ramai/sharing).
v  Memiliki sifat Robust, yaitu Apabila terjadi gangguan pada koneksi komputer A dengan komputer B karena rusaknya kabel koneksi (links) antara A dan B, maka gangguan tersebut tidak akan mempengaruhi koneksi komputer A dengan komputer lainnya.
v  Privacy dan security pada topologi mesh lebih terjamin, karena komunikasi yang terjadi antara dua komputer tidak akan dapat diakses oleh komputer lainnya.
v  Memudahkan proses identifikasi permasalahan pada saat terjadi kerusakan koneksi antar komputer.



Kekurangan
v  Membutuhkan banyak kabel dan Port I/O. semakin banyak komputer di dalam topologi mesh maka diperlukan semakin banyak kabel links dan port I/O (lihat rumus penghitungan kebutuhan kabel dan Port).
v  Hal tersebut sekaligus juga mengindikasikan bahwa topologi jenis ini * Karena setiap komputer harus terkoneksi secara langsung dengan komputer lainnya maka instalasi dan konfigurasi menjadi lebih sulit.
v  Banyaknya kabel yang digunakan juga mengisyaratkan perlunya space yang memungkinkan di dalam ruangan tempat komputer-komputer tersebut berada.
pengembangan atau generalisasi topologi bus. Media transmisi merupakan satu kabel yang bercabang namun loop tidak tertutup.
Ø  Topologi pohon dimulai dari suatu titik yang disebut “headend”. Dari headend beberapa kabel ditarik menjadi cabang, dan pada setiap cabang terhubung beberapa terminal dalam bentuk bus, atau dicabang lagi hingga menjadi rumit.
Ø  Ada dua kesulitan pada topologi ini:
o    Karena bercabang maka diperlukan cara untuk menunjukkan kemana data dikirim, atau kepada siapa transmisi data ditujukan.
o    Perlu suatu mekanisme untuk mengatur transmisi dari terminal terminal dalam jaringan.

Setiap jenis topologi di atas masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pemilihan topologi jaringan didasarkan pada skala jaringan, biaya, tujuan, dan pengguna.
3.4       Peralatan Jaringan

Ada beberapa peralatan yang digunakan dalam jaringan, peralatan ini sering digunakan di dalam perkantoran dan perusahan besar. Peralatan ini adalah :

1.         Network Interface Card
Dalam memilih network interface card, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan. Pertimbangan-pertimbangan ini sangat penting untuk diperhatikan, yaitu :
·      Tipe jaringan seperti Ethernet LANs, Token Ring, atau Fiber Distributed Data Interface (FDDI).
·      Tipe Media seperti Twisted Pair, Coaxial, Fiber-Optic, dan Wireless.
·      Tipe Bus seperti ISA dan PCI
2.         PCMCIA Network Interface Card
PCMCIA card adalah card jaringan yang digunakan untuk terhubung kedalam sebuah jaringan tanpa menggunakan kabel.
3.         Modem
Modem atau Modul the Modulator adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk terhubung ke jaringan internet menggunakan kabel telepon.

5.         HUB/Switch
HUB atau Switch digunakan untuk menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN. Peralatan ini sering digunakan pada topologi star dan extended star. Perbedaan antara HUB dan Switch adalah kecepatan transfer datanya. Yaitu 10:100 Mbps.
6.         Bridge
Bridge adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan. Bridge berfungsi untuk menghubungkan dan menggabungkan media jaringan yang tidak sama seperti kabel unshielded twisted pair (UTP) dan kabel fiber-optic, dan untuk menggabungkan arsitektur jaringan yang berbeda seperti Token
Ring dan Ethernet. Bridge meregenerate sinyal tetapi tidak melakukan konversi protocol, jadi protocol jaringan yang sama (seperti TCP/IP) harus berjalan kepada kedua segemen jaringan yang terkoneksi ke bridge. Bridge dapat juga mendukung Simple Network Management Protocol (SNMP), serta memiliki kemampuan diagnosa jaringan.



7.         Router
Router adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan dengan melanjutkan paket-paket dari satu jaringan logika ke jaringan yang lain. Router banyak digunakan di dalam internetwork yang besar menggunakan keluarga protocol TCP/IP dan untuk menghubungkan semua host TCP/IP dan Local Area Network (LAN) ke internet menggunakan dedicated leased line. Saat ini, masih banyak perusahaan menggunakan router Cisco 2500 series untuk mengkoneksikan dua buah LAN (WAN dengan anggota dua LAN), LAN ke ISP (Internet Service Provider). Koneksi seperti ini menyebabkan semua workstation dapat terkoneksi ke internet selama 24 jam.
8.         Crimping Tools
Crimping tools berguna untuk memotong, merapikan dan mengunci kabel UTP dalam melakukan instalasi Networking
Pengalamatan IP
IP address berupa bilangan biner 32 bit dan ditulis sebagai 4 urutan bilangan desimal yang dipisahkan dengan tanda titik. Format penulisan IP adalah : xxxxxxxx.xxxxxxxx.xxxxxxxx.xxxxxxxx, dengan x adalah bilangan biner 0 atau 1. Dalam implementasinya IP address ditulis dalam bilangan desimal dengan bobot antara 0 – 255 (nilai desimal mungkin untuk 1 byte). IP address terdiri dari bagian jaringan dan bagian host, tapi format dari bagian-bagian ini tidak sama untuk setiap IP address. Jumlah bit alamat yang digunakan untuk mengidentifikasi jaringan, dan bilangan yang digunakan untuk mengidentifikasi host berbeda-beda tergantung kelas alamat yang digunakan. Ada tiga kelas alamat utama, yaitu kelas A, kelas B, dan kelas C. Dengan memeriksa beberapa bit pertama dari suatu alamat , software IP bisa dengan cepat membedakan kelas address dan strukturnya. Berikut ini diberikan aturan yang membedakan kelas IP address :
1.         IP Address kelas A :
- bit pertama dari IP address adalah 0.
- jadi jaringan dengan IP yang byte pertamanya : 0 – 127.
- hanya ada kurang dari 128 jaringan kelas A.
- setiap jaringan kelas A bisa mempunyai jutaan host.
Sebagai contoh 49.22.102.70, 49 adalah alamat network  22.102.70 adalah alamat node. setiap mesin pada jaringan ini akan mempunyai alamat network 49.

Host ID Class A yang sah
o    Semua bit host off, menunjukan alamat network : 10.0.0.0
o    Semua bit host on, menunjukan alamat broadcast : 10.255.255.255.
Host yang sah adalah host dengan angka di antara alamat network dan broadcast 10.0.0.1 sampai 10.255.255.254.
2.         IP Address kelas B :
- bit pertama dari IP address adalah 10.
- jadi jaringan dengan IP yang byte pertamanya : 128 – 191.
- terdapat ribuan jaringan kelas B.
- setiap jaringan kelas B bisa mempunyai ribuan host.
Sebagai contoh, 172.16.30.56, alamat network adalah 172.16 dan alamat node adalah 30.56
Host ID Class B yang sah
    • Semua bit host off, menunjukan alamat network : 172.16.0.0.
    • Semua bit host on, menunjukan alamat broadcast : 172.16.255.255.
Host yang sah adalah host dengan angka di antara alamat network dan broadcast 172.16.0.1 sampai 172.16.255.254.

3.         IP Address kelas C :
- bit pertama dari IP address adalah 110.
- jadi jaringan dengan IP yang byte pertamanya 192 – 223.
- terdapat jutaan jaringan kelas C.
- setiap jaringan kelas C hanya mempunyai kurang dari 254 host.
4.         IP Address kelas D :
- bit pertama dari IP address adalah 111.
- nomor jaringan dengan IP yang byte pertamanya lebih dari 223.
- merupakan address yang dialokasikan untuk kepentingan khusus.
Sebagai contoh, 192.168.100.102, alamat network adalah 192.168.100 dan alamat node adalah 102
·         Host ID Class C yang sah
o    Semua bit host off, menunjukan alamat network : 192.168.100.0
o    Semua bit host on, menunjukan alamat broadcast : 192.168.100.255
Host yang sah adalah host dengan angka di antara alamat network dan broadcast 192.168.100.1 sampai 192.168.100.254
Tidak semua alamat jaringan dan alamat host dapat digunakan. Misalnya kita telah membicarakan bahwa alamat dengan desimal pertama lebih dari 233 dialokasikan untuk kepentingan khusus. Dua alamat kelas A, 0 dan 127, juga dialokasikan untuk kepentingan khusus. Jaringan 0 menunjukkan route default (digunakan untuk menyederhanakan aplikasi jaringan dengan membiarkan host lokal dialamatkan dengan cara yang sama seperti remote remotejuga ada beberapa alamat host yang disediakan untuk kepentingan khusus ini, misalnya 0 dan 255 dalam semua kelas jaringan. Sebuah IP address dengan semua bit hostnya 0 menunjukkan jaringannya sendiri, misalnya 26.0.0.0 menunjukkan jaringan 26 dan 128.66.0.0 menunjukkan jaringan 128.66. Alamat dalam bentuk ini digunakan dalam tabel routing untuk menunjukkan seluruh jaringan. IP address dengan semua bit host diset satu adalah broadcast address. Suatu alamat broadcast digunakan untuk alamat setiap host dalam jaringan secara simultan. Alamat broadcast untuk jaringan 128.66 adalah 128.66.255.255.

3.5       HARDWARE
Perangkat keras komputer (Inggris: hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di [dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang "dibuat" ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.
Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:
  • Papan sistem/papan induk yang merupakan tempat CPU, memori dan bagian lainnya, dan memiliki slot untuk kartu tambahan.
    • RAM - tempat penyimpanan data jangka pendek, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan PC
    • Buses:
Adalah standar bus serial untuk perangkat penghubung, biasanya kepada komputer namun juga digunakan di peralatan lainnya seperti konsol permainan, ponsel dan PDA.
Yaitu  singkatan dari Accelerated Graphics Port adalah sebuah bus yang dikhususkan sebagai bus pendukung kartu grafis berkinerja tinggi, menggantikan bus ISA, bus VESA atau bus PCI yang sebelumnya digunakan.
 adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita.
Compact Disk Rewritable disingkat CD-RW adalah CD-ROM yang dapat ditulisi kembali. CD-RW menggunakan media berukuran sama dengan CD-R. tetapi bukan menggunakan bahan pewarna cyanine atau pthalocyanine, CD-RW menggunakan logam perpaduan antara perak, indium, antimon, dan telurrium untuk lapisan perekaman

      • CD-R (Compact Disc-Recordable)
 merupakan jenis cakram padat yang dapat diisi dengan data. salah satu jenis media penyimpanan eksternal pada komputer.
sejenis cakram optik yang dapat digunakan untuk menyimpan data, termasuk film dengan kualitas video dan audio yang lebih baik dari kualitas VCD. "DVD" pada awalnya adalah singkatan dari digital video disc, namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc (cakram serba guna digital) agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah "DVD" saja, dan huruf-huruf tersebut secara "resmi" bukan singkatan dari apapun.
Terdapat pula perangkat lunak yang membolehkan pengguna untuk mencadangkan (back-up) DVD sendiri seperti DVD Decrypter dan DVD Shrink.

Adalah cakram optik yang dapat ditulis kembali dan memiliki kapasitas sama dengan DVD-R, biasanya 4,7 GB.
sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.
  • Penyimpanan dalam - menyimpan data dalam komputer untuk penggunaan jangka panjang.
    • Hard disk - untuk penyimpanan data jangka panjang
Cakram keras (Inggris: harddisk atau harddisk drive disingkat HDD atau hard drive disingkat HD) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis. Cakram keras diciptakan pertama kali oleh insinyur IBM, Reynold Johnson di tahun 1956. Cakram keras pertama tersebut terdiri dari 50 piringan berukuran 2 kaki (0,6 meter) dengan kecepatan rotasinya mencapai 1.200 rpm (rotation per minute) dengan kapasitas penyimpanan 4,4 MB. Cakram keras zaman sekarang sudah ada yang hanya selebar 0,6 cm dengan kapasitas 750 GB.
Data yang disimpan dalam cakram keras tidak akan hilang ketika tidak diberi tegangan listrik. Dalam sebuah cakram keras, biasanya terdapat lebih dari satu piringan untuk memperbesar kapasitas data yang dapat ditampung.
Dalam perkembangannya kini cakram keras secara fisik menjadi semakin tipis dan kecil namun memiliki daya tampung data yang sangat besar. Cakram keras kini juga tidak hanya dapat terpasang di dalam perangkat (internal) tetapi juga dapat dipasang di luar perangkat (eksternal) dengan menggunakan kabel USB ataupun FireWire.

Sebagai tambahan, perangkat keras dapat memasukan komponen luar lainnya. Di bawah ini merupakan komponen standar atau yang umum digunakan.
Adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.
alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik.
peranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Bola jejak umumnya terdapat pada tetikus modern. Bola jejak menyimulasikan pergerakan vertikal tetikus, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan tetikus berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar.
adalah alat masukan komputer yang berwujud tuas yang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer.
Adalah tipe kontroler permainan video yang mengutamakan penggunaan jari, khususnya ibu jari, untuk menjalankannya. Gamepad umumnya memiliki tombol aksi di sebelah kanan dan pengontrol arah di sebelah kiri. Awalnya pengontrol arah terbatas pada empat arah (D-pad), namun gamepad modern umumnya memiliki tuas analog sebagai pendukung atau penggantinya.
merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain.
(singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau aplikasi video call.
perangkat keras (hardware) atau input device komputer yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan memasukkan gambar atau sketsa langsung ke komputer, layaknya menggambar di atas kertas menggunakan pensil.
alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis/ mencetak pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.
transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan.

Modem berasal dari singkatan MOdulator DEModulator. Modulator merupakan bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, sedangkan Demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem merupakan penggabungan kedua-duanya, artinya modem adalah alat komunikasi dua arah. Setiap perangkat komunikasi jarak jauh dua-arah umumnya menggunakan bagian yang disebut "modem", seperti VSAT, Microwave Radio, dan lain sebagainya, namun umumnya istilah modem lebih dikenal sebagai Perangkat keras yang sering digunakan untuk komunikasi pada komputer.


Jenis-jenis modem
·         Modem 3GP
·         Modem GSM
  • Modem analog yaitu modem yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital
  • Modem ADSL
    • Modem teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line. Posisi Splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang menggunakan ADSL modem. Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan, sehingga pengguna dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa. Di sisi lain, pengguna tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem.
  • Modem kabel yaitu modem yang menerima data langsung dari penyedia layanan lewat TV Kabel
  • Modem CDMA
sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Contoh NIC yang bersifat fisik adalah NIC Ethernet, Token Ring, dan lainnya; sementara NIC yang bersifat logis adalah loopback adapter dan Dial-up Adapter. Disebut juga sebagai Network Adapter. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna

3.6       Software
Software atau computer software atau perangkat lunak komputer adalah suatu
program yang membuat komputer mengerjakan tugas tertentu. Software terdiri dari urutan
perintah untuk mengubah status hardware. Perintah-perintah tersebut menjadi penghubung
antara data dan perangkat keras.
Software dibangun melalui pemrograman, yaitu proses menyusun sekumpulan
perintah untuk komputer mengerjakan sesuatu. Kumpulan perintah-perintah tersebut disebut
bahasa pemrograman. Perintah yang dapat diterima komputer berupa nilai biner 0 atau 1 saja.
Perintah ini tidak mudah untuk disusun oleh orang, karena itu dibuatlah bahasa-bahasa pemrograman yang lebih mudah dimengerti oleh orang.
Di bawah ini ada beberapa contoh macam perangkat lunak, yaitu:
Adalah suatu subkelas perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna. Biasanya dibandingkan dengan perangkat lunak sistem yang mengintegrasikan berbagai kemampuan komputer, tapi tidak secara langsung menerapkan kemampuan tersebut untuk mengerjakan suatu tugas yang menguntungkan pengguna. Contoh utama perangkat lunak aplikasi adalah pengolah kata, lembar kerja, pemutar media dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org.
Dalam Ilmu komputer, Sistem operasi atau dalam bahasa Inggris: operating system atau OS adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum untuk software-software itu. Layanan inti umum tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh Sistem Operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebut dinamakan dengan "kernel" suatu Sistem Operasi.

Adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada komponen perangkat lunak yang mengizinkan sebuah sistem komputer untuk berkomunikasi dengan sebuah perangkat keras.
seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.





IMPLEMENTASI SISTEM

·                     Tahap implementasi sistem merupakan tahap meletakkan teori ke dalam praktik yang sebenarnya dan siap untuk dioperasikan. Tahap ini terdiri dari beberapa langkah, yaitu :
·                     Perencanaan penelitian sumberdaya yang dipergunakan
Perencanaan penelitian dimaksudkan untuk merencanakan segala sesuatu yang akan di teliti di dalam warnet.
·                     Kegiatan implementasi / penelitian
Kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan dalam tahap implementasi adalah sebagai berikut:
·                     Pencatatan jumlah karyawan.
·                     Pemilihan tempat dan penelitian perangkat keras dan perangkat lunak.
·                     Topologi jaringan yang digunakan.
·                     Tindak lanjut implementasi
Dalam tahapan ini, dilakukan perincian software dan hardware yang digunakan dalam pembangunan T-Internet. Tahapan ini mengupas sumberdaya yang dibutuhkan dan dipergunakan dalam membangun warnet.














Berikut beberapa kebutuhan sumberdaya yang dipergunakan dalam Y-Internet:

·                     Kebutuhan Hardware
Dengan mengandalkan 35 PC sebagai client, Y-Internet mengalokasikan 29 PC sebagai tempat browsing dan 6 PC sebagai tempat game online. Antara server dan client akan memiliki spesifikasi hardware yang berbeda.
Tabel 4.2 Sumberdaya Hardware
·                     Client, Game Online

1
Casing, SPC 350w + 1 FAN CPU
2
Dual Core (2.6 Ghz) TRAY
3
LCD Monitor, LG Wide Screen 19″
4
Mainboard, ASUS P5 KPL AM-SE ( Astrindo )
5
Memory DDR2 V-gen 1 Gb PC 5300
6
Harddisk, 80 Gb Seagate/WDC/Maxtor SATA
7
VGA, PixelView GF9500GT 512Mb DDR2 – 128Bit
8
Keyboard + Mouse Logitech
9
Stabilizer, Montero SM-500 VA (Servo Motor)
10
Headset, GENIUS HS – 02 C With Mic Control (New)

·                     Hardware Jaringan

No.
Jenis Hardware
Spesifikasi
1
Hub

2
Switch-Hub
Switch-Hub 24 port
3
Router

4
RJ 45 Connector
Belden
5
UTP Cable
AMP
6
Modem
Modem ADSL Linksys








·                     Server :

1
Casing SPC 350w + 1 FAN CPU
2
LCD Monitor LG Wide Screen 19″
3
Prosesor Dual Core E5300 (Tray+Fan) (2.60Ghz,C2Mb,Fsb 800Mhz,Lga 775)
4
Mainboard ASUS P5 KPL AM-SE ( Astrindo )
5
Memory DDR2 V-gen 2 Gb
6
Harddisk 160 Gb Seagate
7
DVD-Room Samsung&NIC Lan Card 10 / 100 MBPS
8
Keyboard + Mouse Logitech
9
Printer, Canon iP 1300
10
Stabilizer, Montero SM-500 VA (Servo Motor)

·                     Kebutuhan Software
Kebutuhan software yang dijalankan dalam pembuatan warnet di Y-Internet Ungaran  adalah sebagai berikut:
No.
Jenis Software
1
Windows 7 Professional FPP
2
Microsoft Office 2007
3
Billing ver. 4.43
4
Smart Protection, SMADAV 2010 Rev 8.3
5
Mozilla Fire Fox
6
Winamp Media Player 5.01
7
GOM Media Player
8
Warnet Estimator
9
Yahoo Massenger
10
MiRC













·                     Verisign
Verifikasi dilakukan terhadap ‘signature’, untuk itu organisasi yang akan mempergunakan komunikasi melalui web memerlukan kerjasama dengan organisasi lain yang mengeluarkan sertifikat yang memverifikasi pengirim pesan. Salah satu organisasi yang menerbitkan sertifikat sekuriti adalah Speedy.
·                     Web Hosting
Web hosting merupakan badan penyedia jasa yang menyediakan ruang untuk upload website perorangan atau organisasi dengan kapasitas tertentu sesuai dengan kesepakatan antara web hosting sendiri dengan organisasi yang akan menyewa. Contoh web hosting antara lain: Yahoo, Telkomnet, Techscape.co.id dan lain-lain. Dan topologi jaringan yang digunakan adalah topologi STAR.


Kebutuhan Sumber Daya Manusia
·                    Sumber daya yang diperlukan dalam perancangan dan implementasi pada warnet T-Internet Ungaran adlah sebagai berikut :
·                     Programmer, digunakan hanya pada saat perancangan, desain dan implementasi sistem. Sesudah sistem dapat benar-benar digunakan, hubungan kerja antara konsumen dengan programmer hanya mencakup maintenance / perawatan sistem selama 1 tahun sejak sistem tersebut diimplementasikan. Sesudah masa maintenance selama 1 tahun dilampaui maka kontrak kerja antara perusahaan dengan analis dan programmer selesai.
·                     Operator / server, sebagai karyawan Y-Internet.


4.2.3.6 Analisis Biaya
Biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk warnet Y-Internet Ungaran :
              Tabel 4.2 Biaya-biaya
·         Client
Jenis Biaya
Total
Hardware

Casing SPC 350w + 1 FAN CPU
Rp.   537.000,00
Prosesor Dual Core E5300 (Tray+Fan) (2.60Ghz,C2Mb,Fsb 800Mhz,Lga 775)
Rp.   514.000,00
Mainboard, ASUS P5 KPL AM-SE ( Astrindo )
Rp.   463,996,00
Memory DDR2 V-gen 1 Gb PC 5300
Rp.   163.000,00
Harddisk, 80 Gb Seagate/WDC/Maxtor SATA
Rp.   615.000,00
VGA, PixelView GF9500GT 512Mb DDR2 – 128Bit
Rp.   600.000,00
Keyboard + Mouse Logitech
Rp.   275.000,00
LCD Monitor LG Wide Screen 19″
  Rp. 1.240.000,00
Stabilizer, Montero SM-500 VA (Servo Motor)
Rp    190.000,00
GENIUS HS – 02 C With Mic Control (New) Headset
       Rp   54.000,00
Total
       Rp.4.114.996,00
Software

Web Site warnet
Rp.1.832.000,00
Total
Rp. 1.832.000,00
Sumber Daya

Operator (3)
Rp.  1.500.000,00
Programmer
Rp.  1.500.000,00
Total
Rp.  3.000.000,00
Verisign

Commerce Site, 1 - Year Term 1-Year Term
Rp.  12.000.000,00
Total
Rp.  12.000.000,00
Web Hosting

Sewa web hosting Techscape.co.id / tahun
Rp.    1.000.000,00
Total
Rp.    1.000.000,00
Jumlah Total
Rp.21.946.996,00






·         Server :

Jenis Biaya
Total
Hardware

Casing SPC 350w + 1 FAN CPU
Rp.   537.000,00
LCD Monitor LG Wide Screen 19″
Rp. 1.240.000,00
Prosesor Dual Core E5300 (Tray+Fan) (2.60Ghz,C2Mb,Fsb 800Mhz,Lga 775
Rp. .   514.000,00
Mainboard, ASUS P5 KPL AM-SE ( Astrindo )
Rp.   463,996,00
Memory DDR2 V-gen 1 Gb PC 5300
Rp.   163.000,00
Harddisk, 80 Gb Seagate/WDC/Maxtor SATA
Rp.   615.000,00
Keyboard + Mouse Logitech
Rp.   275.000,00
DVD-Room Samsung&NIC Lan Card 10 / 100 MBPS
Rp.  170.000,00
Printer, Canon IP 2770 (Bubble Jet)
Rp.   380.000,00
Stabilizer, Montero SM-500 VA (Servo Motor)
Rp    190.000,00
Total
  Rp.4.547.996,00
Jumlah Total
Rp. 4.547.996,00


















DAFTAR PUSTAKA

/www.alnect.net/
Sugeng Winarno,2010,”Jaringan Komputer dengan TCP/IP”,Modula Bandung.










LAMPIRAN


Gambar 1.1  Foto Warnet Dari Depan











1.2 Gambar Lantai 1 Warnet Y Internet


1.3 Gambar Lantai 1 Warnet Y Internet















1.4 Gambar Lantai 2 Game Online Y Internet














Gambar 1.5 HUB


Gambar 1.6 Kartu Jaringan (NAC)








 Gambar1.7 Foto Kelompok








Gambar 1.8 Lantai 2 warnet Y Internet











Tidak ada komentar:

Poskan Komentar